Orientasi diri mahasiswa

image

Orientasi Pengenalan Kampus itu Ospek ya? Di kampus tempat saya kuliah itu dinamakan penggalian potensi mahasiswa. Hemmm sudahlah biarkan apapun namanya di masing-masing kampus yang jelas itu metode memikat mahasiswa di awal dan mungkin akan bertahan hingga melepas masa studi kampusnya. Kalaulah ospek itu metode mengenalkan dunia perkuliahan di kampus atau pengenalan kampus maka brand image  yang dikenalkan adalah kebaikan, jelas harapanya mahasiswa menjadi lebih mantap menapaki perkuliahan di kampus, walau tetap ada keburukan yang mulai dikenal walau tak memperkenalkan diri.

image

Lima tahun yang lalu lebih jelas tahun 2008 saya juga mengalami semacam ospek itu. Pagi ini di kampus tempat saya kuliah, adik-adik mahasiswa baru menikmati sambutan penggalian potensi mereka. Bangun pagi-pagi, mandi,berdandan dengan atribut warna-warni sesuai ketentuan ragam atribut dari panitia, dibentak, di bariskan hingga dilari-larikan. Mungkin itu semacam orientasi yang memiliki tujuan di kalbu pribadi entah kampus,mahasiswa atau panitia ospek.

Saat itu saya mengalami penggalian potensi hanya sekedarnya, tak merasa penting ajang itu. Tapi ajang itu mengenalkan saya kepada lingkungan yang kini masih saya nikmati, orientasi diri bukan hanya kampus ini yang akan saya kenal, bisa kok saya kenal kampus lain, mungkin bukan mengenal saja kok, kan lingkungan ini bisa saya nikmati entah kebaikan atau keburukan. Ya pesanya bukan sampai disini aja orientasinya. Toh korelasi belajar dan kampus bukan batasan lingkungan kampus ini yang menjadi wahana, belajar dimana saja dengan siapa saja boleh kok.

image

met berorientasi dan tetap berpotensi ya.

#dari kampus ungu, begadang dan menikmati pagi dengan kopi. 4.9.13

Tinggalkan Balasan

