Baca Tulis Perjalanan

Awalnya saya ingin menulis lebih dari 2000 kata tapi alhasil tulisan ini yang mampu saya uraikan, ide coba saya tuangkan adalah tentang ‘perjalanan’ yang akan menjadi ulasan menarik buat saya dan beberapa teman, dimana bulan April ini sedang mengupayakan agar sebuah kumpulan tulisan ‘perjalanan’ bisa terbukukan sesuai tema dan muatan isi buku yang semoga segera terealisasi dan pasti teman-teman yang lain sedang berproses sesuai bahasan ‘perjalanan’ yang mereka dapat.

Mungkin bagi sebagian teman menulis adalah kebiasaan dan mudah, tapi akhir-akhir ini saya mudah juga tapi mudah malas dan bebal berpikir serta menuangkan ide, Waaah…. padahal dulu ketika mulai belajar menulis dan membaca saya tak merasa sulit dalam arti dipaksa bisa, maklum bagi saya yang tak mengenyam pendidikan ‘TK’ baru bisa membaca dan menulis dengan benar waktu itu ketika kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah.

Benar sekali dengan dipaksa dan karena malu belum bisa baca tulis lancar maka dengan dalih biar pintar saya asah kemampuan baca tulis terus menerus alhasil kelas 3 saya memang bisa baca tulis secara mata pelajaran ‘bahasa indonesia’ . Padahal sebelum bisa baca tulis indonesia saya sudah terlebih dahulu bisa baca tulis secara ‘bahasa arab’ walau sebatas bangku ‘sekolah diniyah’ dengan membaca ‘iqra’ menulis surat-surat pendek juz ama serta menghafal asma’ulhusna waktu itu sebelum kelas 3 pun sudah saya bisa.

Metode yang saya gunakan dulu ketika mau baca tulis indonesia adalah dengan mendengar orang baca, mencontoh nulis kalimat dari buku atau mengeja kata. Setelah kelas 3 berlalu bukan hanya baca tulis indonesia yang saya mau bisa tapi berhitung matematika juga atau pengetahuan lain. Tapi memang langkah awal adalah ‘membacalah dan menulislah’ begitu ingat saya waktu itu.

Ingatan saya tentang awalnya saya bisa baca tulis indonesia tadi merupakan ‘perjalanan’ saya ketika masa sekolah dasar dulu, dan itu bagian dalam ‘perjalanan’ hidup saya jadi kira-kira ‘perjalanan’ yang mana yang saya malaskan buat menuliskan? Apakah karena banyak ‘perjalanan’ yang sekarang saya merasa tahu atau memang ‘perjalanan’ disini perlu saya jalani dulu bahkan saya perlu menelaah lebih atau ini atau itu… hehehehe….

‘perjalanan’ ini adalah tema buku yang merupakan rangkaian banyak ide dari para penulisnya nanti dan ada satu bagian untuk saya tentang ‘fenomena’ dimana akan coba saya uraikan beragam fenomena terkait kenapa manusia dengan ‘perjalanan’ apa yang manusia telah lakukan dalam hal ‘perjalanan’ masa lampau mungkin sejarahnya dan saat ini bagaimana apa yang terjadi dan ada apa bagaimana dan siapa dan ini dan itu lagi hehehe….

Sudah saja ini dulu, karena ini uraian tingkah saya semoga memicu semangat dan kemauan lebih buat menulis tentang ‘perjalanan’ terkait ‘fenomena’ . Dan yang pasti perlu kiranya saya cari referensi lebih serta bicara lebih alias diskusi juga mau mencari lebih dan berbuat lebih dan lebih. Padahal mungkin bisa dianggapkan sepela tapi tidak karena ini proses melawan diri dari kemalasan menulis dan membaca. Tapi sudah ah nanti tak menemukan arah ‘perjalanan’ ini hehehe…..

PCGP.13.4.2013

Tinggalkan Balasan

