Untuk lebih bergairah

“setiap mengikhlaskan sesuatu yang itu baik maka tiada kesia-siaan”, penggalan kalimat tersebut tiba-tiba muncul dalam benak saya, entah itu menjadikan saya riya atau malah memunculkan gairah lebih untuk berbuat dalam kebaikan.

Penggalan kalimat di atas sebenarnya tidak benar begitu saja, toh dalam keseharian saya condong kepada ke-riya-an saja walau toh keduanya bisa coba saya sebandingkan. Mungkin bukan riya untuk dinilai orang tapi lebih kepada riya pribadi karena jumawa telah berbuat kebaikan. Barang kali perilaku semacam itu yang mestinya dihilangkan dalam diri ini, bagaimana mungkin kita tidak akan menampakkan ke-riya-an pada orang lain padahal pada diri sendiri saja masih berbuat riya. Dan riya yang saya maksud adalah menyombongkan diri atau bangga terhadap prilaku sendiri.

Ya memang hal semacam di atas itu perlu untuk tetap bergairah berbuat baik, asal esensi memunculkan kebaikanya yang ditampakkan lebih.

Kadang saya pribadi merasa sudah cukup jika sehari yang penting bisa berbuat baik dan menyisikan sholat lima waktu yang padahal itu kewajiban dalam Rukun Islam bagi setiap muslim, maka semacam ini belum bisa selaras dalam berkehidupan dimana mestinya ‘dekatkan diri dengan Tuhan dan tetap bersilaturahmi dengan sesamanya’.

Jadi gairah diri yang perlu saya munculkan lebih adalah bukan pada apa yang telah saya berbuat ini baik maka saya akan baik-baik saja dengan begitunya, tapi berbaiklah pada sesama dan tetap jalankan peribadatan sesuai kewajiban dalam ajaran agama untuk selalu mendekatkan diri dengan Tuhan.
Semoga apa yang saya coba tulis seadanya ini bukan menjadikan saya semakin bergairah untuk ikhlas dengan ke-riya-an yang saya lakukan tapi ini baik dan semoga Tuhan memberi kesempatan lebih baik lagi agar saya tetap bisa berbagai, silaturahmi dan beribadah dengan niatan karena Tuhan. Amien

PCGP. 12.12.12

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s