Ibadah jangan dihitung berapa pahalanya.

“ibadah itu jangan dihitung berapa pahalanya, lakukanlah ibadah maka pahala itu akan mengikuti. Dan dekatlah dengan Allah ketika jauh”

Cukup senang saya ketika Selasa kemarin tepatnya tanggal 4 September 2012 mengikuti pengajian di kampung halaman, bukan karena tiba-tiba saya rajin ikut pangajian atau forum ilmu agama, tapi memang karena saya diharuskan disana.

Ceramah Pak Kiai kali ini membuka wawasan saya tentang ibadah terhadap Tuhan. Dalam agama Islam yang saya anut ada 5 rukun bagi umatnya; Sahadat, Salat, Puasa, Zakat dan Haji. Kelimanya merupakan kewajiban yang kiranya menguatkan keimanan dan ke-Islaman manusia.

Pak Kiai berkata bahwa “kalau kita membuat meja jangan mikirin kolong dibawah mejanya, tapi buatlah mejanya pasti kolong mejanya ada” maksudnya ketika kita ibadah maka jangan mikirin atau menghitung pahalanya tapi ibadahlah dan niatkan karena Allah, maka pahala itu ada dan mengikutinya.

Kemudian satu lagi pesan Pak Kiai terhadap para calon Jamaah Haji ketika melaksanakan ibadah Haji ke Mekkah jangan mentang-mentang disana adalah tempat suci dan dilipatgandakan segala pahala ketika beribadah terus disana melakukan segala ibadah dengan getol namun ketika sepulang dari Haji malah kendur, karena menurut Pak Kiai “Jangan merasa dekat dengan Allah ketika di sana (Mekkah) tapi dekatlah dengan Allah ketika jauh (dari Mekkah)”.

Kiranya hari itu benar saya coba menelaah kembali terhadap apa yang selama ini dilakukan apakah niat ibadah hanya niat peroleh pahala tanpa niatkan ibadah karena Allah. Kiranya begitu saja yang coba saya bagi karena memang ini tulisan yang seadanya tanpa maksud riya. Buat Gus Mustofa kebetulan beliau adalah Pak Kiai yang mengisi ceramah dan berasal dari Megelang terima kasih wejangan dan ilmunya.

BWS | Kauman | 4.9.2012

Tinggalkan Balasan

