POM Bensin

Rambu-rambu tanda SPBU

Adikku senang sekali ketika aku ajak berkunjung ke pusat perbelanjaan di wonosobo yang memang salah satu dari yang rame, maklum dari kampungku tempat itu cukup jauh, lumayan kalau mengendarai sepeda motor kira-kira 45 menit lama perjalanannya. Adikku cewek dari 2 bersaudara yang tidak lain saudara adikku adalah diriku, kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah sekolahan yang dulu aku juga pernah menimba pengetahuan setara sekolah dasar namun malah dapat yang lebih soalnya pendidikan agama islam jadi pilihan penting, aku sangat suka pelajaran Tarikh (Sejarah Islam), Fiqih (Hukum-hukum ibadah), dan Bahasa Arab yang mantap.

Ini soal adikku sepulang dari pusat perbelanjaan kami meluncur menuju kampung halaman kami yang tadi kira-kira 45 menit perjalanan, ada satu pelajaran bagi diriku dimana ketika mampir untuk menambahkan BBM sepeda motor, ini ada perbincangan antara aku dan adikku sembari kami menunggu antri isi BBM:

Adikku “mas ini tempat apa?” ,
Aku “pom bensin”,
Adikku nah dia langsung balik bertanya dan berpendapat “lho mas itu koq ada papan gede (sambil menunjuk ke papan besar bertuliskan SPBU), yang tulisane SPBU dalam kurung Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum”.
Aku pun nyengir sambil bersilat lidah “ oh, iya ini namanya SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) dik, emang ada apa?”.
Adikku “katanya mau ngisi BBM nah koq ke stasiun mas? , bukan ke POM Bensin”.
Aku “iya dik, ini memang tempat untuk isi BBM, itu tadi namanya SPBU kan?”
Adikku masih nampak bingung sambil terdiam sejenak,
Aku jelaskan saja biar dia mudeng gini dik, “ SPBU itu sama dengan POM Bensin, tapi yang benar SPBU, jadi kalau mau isi bensin atau solar ya kesini (SPBU)”

Ketika adikku mau bertanya lagi aku stop, bentar ya dik, ngisi bensin dulu, tukang isi bensinnya pake topi dan pakaian seragam seperti biasa dan masih dengan simbol-simbol tertempel dibaju yang sama saja dengan kemarin-kemarinnya lagi, dengan pelan tukang isi tadi bertanya “pinten mas? (berapa mas)”, “ sepuluh” aku jawab. Sambil nunggu proses pengisian penuh adikku melihat dan merekam dalam otaknya apa yang dia lihat dan dia dengar dan tak sadar mengangguk dengan sendirinya, proses kelar, “matur nuwun (terima kasih)” ucapku pada tukang isi tadi, dan dijawabnya “sami-sami (sama-sama), selamat jalan”.

Diperjalanan adikku bertanya lagi, dan ini dialog yang kami lakukan:
– Adikku “mas POM Bensin itu sama dengan SPBU, nah SPBU kepanjangannya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum, terus tadi mas beli bensin koq tulisane Premium?”
Aku “ hahahaha,… iya dik, begini SPBU itu yang benar, Cuma kalau di temapat kita orang-orang bilangnya POM Bensin, nah adik kalau bilang jangan POM Bensin Tapi SPBU, di SPBU itu bisa isi Premium, Pertamax,Solar,Bio Solar. Nah kalau bensin itu sama dengan premium gitu”.
Adikku “ ooh,.. begitu to mas,”
Aku “hooh”
Adikku “POM Bensin sama dengan SPBU tapi sing benar SPBU, di SPBU ada bensin, solar dan lain-lain ya mas”.
Aku “betul seratus, besok-besok kalau ada yang bilang POM Bensin dikasih tau SPBU yang benar ya”
Adiku “siap mas, (sambil nyengir)”

Perjalanan berlanjut dan banyak celotehan adikku yang masih mau tau apa saja yang dia rasa aneh, atau dia bingung atau bahkan dia tidak tau, kami tiba di rumah dan adikku langsung berlari dan bongkar isi tas yang berisi barang belanjaan tadi dari pusat perbelanjaan. Dan kayaknya melupakan apa yang tadi dibicarakan tentang POM Bensin. Begitu tadi hal kecil yang membuat aku pribadi mengevaluasi diri, bagaimana harus bisa memberikan hal yang benar dan membiasakan akan budaya tanya jika tidak tau atau jika perlu dipertanyakan.

POM Bensin=SPBU di SPBU bisa isi premium,pertamax,solar,bio solar dkk.

2 pemikiran pada “POM Bensin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s