Diskusi : Dari Ken Arok Hingga Majapahit. 4

Nah kembali dalam Pararaton maka naiklah Ranggawuni menjadi penguasa Singhasari, periode kepemimpinan Ranggawuni adalah pemerintahan bersama antara Ranggawuni dan Mahisa Camapaka (Narasingamurti), kalau memang benar kisah kudeta kedua pemimpin ini dalam Pararaton benar adanya maka bisa dibilang inilah periode rekonsiliasi antara dua kubu yang telah lama bersiteru. Dimana perlu diingat kembali bahwa Ranggawuni merupakan cucu Tunggul Ametung dan Mahisa Campaka adalah anak dari mahisa wong teleng yang merupakan anak Ken Arok.

Masa jaya Singhasari adalah periode kepemimpinan Sri Maharaja Kertanegara raja terakhir, dia adalah negarawan yang memiliki visi misi melebarkan sayap alias melebarkan wilayah kekuasaan hingga ke luar tanah Jawa. Demi uapaya melebarkan tanah kekuasaanya dia mengirim pasukan Ekspedisi Pamalayu yang dikirim ke Sumatra dan menjadikan wilayah tersebut sebagai benteng pertahanan dalam menghadapi ekspansi bangsa Mongol. Kertanegara merupakan buyut dari Ken Arok dari cucu perempuan bernama Waning Hyun, nah Waning Hyun adalah putri dari Mahisa Wong Teleng Putra Ken Arok.

Masa kepemimpinan Kertanegara adalah masa berdelegasi dengan mengirimkan pasukan ke luar Jawa, hingga keamanan dan pertahanan Singhasari kecolongan karena Jayakatwang bupati Gelang-gelang menyerang dan merabut Singhasari dengan ambisi mendirikan lagi Kerajaan Kediri, Kertanegara terbunuh.

Majapahit muncul dikala periode kemunduran Singhasari mulai kelihatan, setelah kehancuran dan mencoba dibangun kembali sebagai Kerajaan Kediri baru oleh Jayakatwang. Dimana Raden Wijaya yang rela menyingkir dan menumpulkan pasukan dan berdiam serta membangun strategi untuk merancang konsep besar untuk periode dimana menjadi masa kuasa raja-raja Jawa baru dengan tahta di Kerajaan Majapahit yang didirikan oleh Raden Wijaya putra Mahisa Campa cucu Ken Arok pendiri Kerajaan Singhasari, sisilahnya Ken Arok dengan Istri Ken Dedes memiliki anak (Mahisa Wonga Teleng, Panji Saprang, Agnibhaya, dan Dewi Rimbu) Mahisa Wong Teleng kemudian memiliki putra bernama Mahisa Campaka. Jadi Raden Wijaya adalah buyut dari Ken Arok.

Selesai dan bisa cari referensi yang lain agar tambah mudeng lagi hehehe…

Ini ada beberapa link buat cocokin atau nambah tau, soalnya masih banyak lagi sumber yang bisa dibaca dan dipahami, bukan hanya tulisan ini serta link berikut:
Runtuhnya Kerajaan Kadiri
Singhasari
Ken Arok
Ken Dedes
Wacana Sejarah Nusantara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s