Hamparan hampa

Bagai tamparan walau melalui kata, dan kata-kata tersebut berasa dalam membuat emosi naik, apa membakar semangat ini namanya, soalnya sudah terpancing suasana menghanyutkan, kadang nampak diam tak mau pusing, tapi toh malah akan lebih dalam memancing dan memicu bara amarah jika pribadi yang bersangkutan terpancing dan terenyah dari rasa mawas diri. tak seperti apa yang ada kelihatan omong kosong dan tiada harapan ketika ada mosi yang memang begitu adanya. Ya sudah memang begitu yang ada ingin bagaimana lagi. Saya juga punya harapan untuk lebih baik bukan sekedar omong kosong atau tanpa langkah nyata, setidaknya kelakuan untuk mau berbuat dan beriktikad baik akan ada balasannya.

Anjing” sering kali menjadi umpatan padahal toh anjing itu sendiri tidak tau kenapa dia dipersalahkan dan dipanggil unutk makian, kini apapun yang ada itu memang harus disyukuri. Berkelompok bukan seenak “wudele dewe” ada simbiosis mutualisme karena tak pelak bakal ketemu orang banyak, saya lagi suka mengumpat dengan kata “Anjing” supaya lega seperti Anjing yang rela tak ambil pusing dengan penyebutan dirinya sebagai umpatan atau makian, nyaman mesti sebutan tersebut bisa membuat letupan dendam atau pertikain.

Niatan awal tak mau ambil pusing eh nyatanya semua berlalu dalam mekanisme-mekanisme yang menghantar diri pada pemberdayaan pribadi, ya bisa dibilang pasrah tapi ini saya namakan ngalah untuk jadi pemeneng. Jangan kendurkan letupan ambisi yang menuju pada positif dan inisiatif berbuat baik. Rangkain-rangkain kata-kata ini tak pelak sekedar kegelisahan hati yang tak mau dimusuhi dan maunya ada dukungan dan kritikan untuk sadar akan pembelajaran hidup.

“Tuntutlah ilmu hingga keliang lahat” masih jadi acuan saya untuk mau belajar, duniawi memang menghanyutkan padahal akheratlah tujuannya, memang saya bukan pribadi yang alim wong sholat lima waktu saja masih lalai, apalagi urusan duniawi pasti tak luput dari cela. Sebagai koreksi saya pernah berkata bohong pada temen saya sewaktu SMA, saya bilang “maaf saya lagi ngerjain PR” nyatanya saya lagi main bareng temen saya yang lain. Aneh rupannya kalau kita selalu berusaha baik tapi kebaikan yang diusahakan jadi cela.

3 pemikiran pada “Hamparan hampa

  1. Cerita Hampa. SELURUH kehidupan kita dari nol hingga esok tiba mungkin sekadar perhentian sesaat. Bukan karena kemarin kita susah, kita harus down. Bukan karena hari ini kita senang maka kita melupakan masa lalu. bukan karena hari esok kita dipanggil Tuhan makan kita jadi takut dan melarikan diri dari segalanya. Perjalanan hidup kita hanya sepenggal cerita dlm alam nyata. Sesungguhnya, apa yg kita cari dlm hidup ini? Uang, seks, kebahagiaan, kesuksesan atau apa? Mungkin sepintas kilas orang berkata, “Ya, kalau nggak buat apa kita hidup?” Mungkin dia ada benarnya, tapi semua itu tak ada artinya jika Anda sudah pernah mengalami apa yg aku alami.

    Dulu, tepatnya sembilan tahun yg lalu, itulah yg kucari. Aku mau kehidupan yg sukses sehingga tak perlu melihat keluargaku menderita. Aku menjual harga diri dan cinta pada seorang laki-laki yg tak pernah kucintai. Sembilan tahun aku mendampingi dia hanya utk sekadar mendapatkan limpahan materi. Semua yg kubutuhkan selalu terpenuhi ketika bersamanya, sehingga aku bahkan tak perlu mengeluarkan uang satu sen pun dari dlm saku. Akan tetapi, ketika kami memutuskan hubungan ini harus dilanjutkan hingga jenjang yg lebih tinggi yakni pernikahan, apa yg terjadi? Dia yg selama ini aku hormati mengungkit segala hal yg pernah dilakukannya untukku. Dia juga menuntut agar aku menuruti semua peraturan yg dibuatnya utk menyenangkan hatinya sendiri. Setelah beberapa lama berkontemplasi, aku akhirnya menyadari utang budi tak bisa dibalas dengan memberikan tubuh dan jiwa kita utk seseorang. Tapi mungkin dengan cara lain, seperti memberikan doa kita buat kebahagiaannya. Walaupun sekarang semua sudah telanjur terjadi, aku berusaha utk bangkit dan menjalani sisa hidup dengan sebaik-baiknya.

    Pedoman hidup yg kupegang saat ini adl bahwa kita hidup utk hari ini dan bukan demi masa lalu atau masa depan. Maka jalanilah dan berikanlah yg terbaik utk hidupmu hari ini. Bagi Anda yg memiliki cerita serupa, aku harapkan agar tak salah langkah dlm mengambil sebuah keputusan penting dlm hidupmu.

Tinggalkan Balasan

